Kamis, 05 November 2009

JOIKU SPOT









Berbagi Internet Ponsel via WiFi

Semua orang pasti sudah mengenal WiFi. Salah satu sarana koneksi nirkabel ini sudah sering digunakan untuk menghubungkan internet dari sebuah perangkat ke perangkat lain, semisal PC dan ponsel dalam radius tertentu yang disebut hotspot.

Artinya, jaringan internet yang melalui sebuah sever dibagi atau disharing dengan sebuah router WiFi untuk kemudian diakses oleh orang yang berada di dalam hotspot dengan perangkat yang memiliki penerima sinyal WiFi.

Seiring dengan berkembangnya jalur data di ponsel hingga mencapai kecepatan 3G dan HSDPA, atau setara dengan bandwith sebuah jaringan ADSL, nampaknya ponsel pun bisa dijadikan sebagai tuang punggung untuk barbagi internet.

Istilah kasarnya : menjadikan ponsel sebagai server sekaligus routeruntuk perangkat WiFi. Adalah sebuah aplikasi baru yang disebut ‘JoikuSpot’ mampu mewujudkan ide ini.

JoikuSpot mamungkinkan Anda untuk melakukan sharing akses internet ponsel Symbian Smartphone’s 3G melalui WiFi kepada perangkat apa saja. JoikuSpot software bekerja pada ponsel Symbian S60 3rd edition atau S60 5th edition seperti Nokia N86, N97, dan 5800 Express Music.

Aplikasi JoikuSpot menyediakan beberapa versi yang baik berbayar maupun yang versi gratisan alias ‘light’. Tentu saja versi Light memiliki keterbatasan yaitu hanya mampu mendukung protokol HTTP dan HTTps. Artinya anda hanya dapat melakukan browsing halaman web situs normal dan bukannya situs yang membutuhkan koneksi VPN.

Selain itu, aplikasi ini dapat juga bekerja pada Instant Messaging clients (seperti Skype, Google Talk, dan lain sebagainya) namun akan mengalami error dalam proses kmunikasinya, JoikuSpot Light telah diuji coba pada beberapa ponsel Nokia dengan versi firmware terbaru.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar