Minggu, 23 Januari 2011

Penilaian aplikasi internet yang berkualitas vs tidak berkualitas dari tinjauan psikologi

Coba sesekali anda cek komputer anda. Berapa banyak aplikasi yang membebani komputer anda? Jumlahnya puluhan, bahkan mungkin ratusan! Padahal jika anda perhatikan, sebenarnya aplikasi-aplikasi yang terpasang tersebut tidak sepenuhnya anda manfaatkan sepenuhnya.

Saya ambil contoh aplikasi pengolah kata, lalu aplikasi pemrograman, ‘browser’, dan masih banyak lagi. Aplikasi-aplikasi ini membuat beban komputer anda begitu berat. Nah, sebagai gantinya, ada beberapa aplikasi yang sifatnya lebih ‘ringan’ daripada aplikasi-aplikasi di atas tersebut.

§ CCleaner (http://www.ccleaner.com/). Aplikasi ini akan membantu anda mengatasi komputer yang sering ‘hang’ dan penggunaan resource yang terlalu tinggi.

§ Abiword (http://www.abisource.com/). Aplikasi open source ini diyakini bisa menggantikan keberadaan aplikasi pengolah kata yang cukup ‘berat’, seperti MS Word dan aplikasi lainnya.

§ IrfanView (http://www.irfanview.com/). Bagi anda pengguna aplikasi yang terkait dengan gambar (design), aplikasi ini akan bisa menggantikan aplikasi sejenis yang seringkali boros resource.

§ Gimp (http://portableapps.com/news/2009-01-15_-_gimp_portable_2.6.4). Dengan aplikasi ringan ini, mengolah gambar akan terasa lebih menyenangkan.

§ K-Meleon (http://kmeleon.sourceforge.net/). Browser ini sejenis dengan Firefox, tapi dengan fitur yang lebih enteng.

§ Notetab (http://www.notetab.com/). Bagi para programmer, aplikasi ini akan cukup membantu untuk membuat program terutama yang banyak terkait dengan HTML dan CSS.

§ Notepad++ (http://portableapps.com/news/2009-02-12_-_notepadpp_portable_5.2). Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk membantu pemrograman, tidak hanya HTML dan CSS, tapi juga java, C, C++.

§ Popcorn (http://www.ultrafunk.com/products/popcorn/). Ini merupakan aplikasi untuk membaca email.

§ Thunderbird (http://portableapps.com/apps/internet/thunderbird_portable). Membaca email akan lebih menyenangkan dengan aplikasi ini

§ Pidgin (http://www.pidgin.im/). Sebagai aplikasi alternatif untuk ‘chat’, pidgin mempunyai banyak kelebihan, terutama bisa multi ‘account’ dan mampu mendukung banyak penyedia ‘chat’, seperti AIM, Google Talk, dan lainnya.

§ VLC Media Player (http://www.videolan.org/vlc/). Gunakan aplikasi ini untuk memainkan DVD dan MP3 di komputer ‘lawas’ (baca: spesifikasi rendah).

§ 7zip (http://portableapps.com/news/2009-01-15_-_7-zip_portable_4.64). Aplikasi ini bisa digunakan untuk menggantikan Winzip atau Winrar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar