Senin, 10 Januari 2011

Netiquette

Netiquette (dari " jaringan etiket"atau" Internet etiket ") adalah seperangkat konvensi sosial yang memfasilitasi interaksi melalui jaringan, mulai dari usenet dan mailing list untuk blog dan forum. Pengaturan tersebut dijelaskan dalam IETF RFC 1855. Namun, seperti banyak fenomena internet, konsep dan aplikasinya tetap dalam keadaan fluks, dan bervariasi dari masyarakat untuk masyarakat. Poin yang paling kuat menekankan tentang netiket USENET sering termasuk menggunakan sederhana tanda tangan elektronik , dan menghindari multiposting, cross-posting, off-topik, pembajakan thread diskusi, dan teknik lain yang digunakan untuk meminimalkan upaya yang diperlukan untuk membaca sebuah posting atau thread. Netiquette pedoman diposting oleh IBM bagi karyawan memanfaatkan second life dalam kapasitas resmi, namun, fokus pada profesionalisme dasar, lingkungan kerja ramah, dan melindungi IBM kekayaan intelektual. Demikian pula, beberapa panduan Usenet panggilan untuk penggunaan unabbreviated Bahasa Inggris sedangkan pengguna online chat protokol seperti IRC dan instant messaging protokol seperti SMS sering mendorong justru sebaliknya, mendukung penggunaan bahasa SMS.

Beberapa aturan yang ada pada Nettiquette ini adalah :

  1. Amankan dulu diri anda, maksudnya adalah amankan semua properti anda, mungkin dapat dimulai dari mengamankan komputer anda, dengan memasang anti virus atau personal firewall
  2. Jangan terlalu mudah percaya dengan Internet, sehingga anda dengan mudah mengupload data pribadi anda. ada baiknya anda harus betul-betul yakin bahwa alamat URL yang anda tuju adalah dijamin keamanannya.
  3. dan yang paling utama adalah, hargai pengguna lain di internet, caranya sederhana yaitu,:

a. jangan biasakan menggunakan informasi secara sembarangan, misalnya plagiat.

b. jangan berusaha untuk mengambil keuntungan secara ilegal dari Internet, misalnya melakukan kejahatan pencurian no kartu kredit

c. jangan berusaha mengganggu privasi orang lain, dengan mencoba mencuri informasi yang sebenarnya terbatas.

d. jangan menggunakan huruf kapital terlalu banyak, karena menyerupai kegiatan teriak-teriak pada komunitas sesungguhnya.

e. jangan flamming, trolling, junking saat berforum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar