Minggu, 23 Januari 2011

Aplikasi psikologi dalam layanan aplikasi internet

Psikologi adalah ilmu yang sedang berkembang dan padahakikatnya psikologi dapat diterapkan pada setiap bidang dan segi kehidupan.Oleh karena itu cabang cabang psikologi bertambah dengan pesat, sejalan denganperkembangan ilmu pengetahuan dan aktivitas kehidupan. Cabang cabangpsikologi dapat digolongkan berdasarkan kekhususan bidang studinya, baik ilmudasar (teoritis), maupun yang bersifat terapan (praktis). Penerapan psikologiberkembang ke berbagai aspek kehidupan manusia, demikian juga titik singgungdengan ilmu ilmu lain juga semakin banyak, misalnya dengan ilmu manajemen,ilmu ekonomi, ilmu perpustakaan, ilmu sosial dan sebagainyaTes Psikologi (Psikotes) atau Psychology Test adalah sebuah tes yang diadakan dengan tujuan mengetahui tingkat kecakapan kejiwaan (mental) seseorang dalam bidang-bidang tertentu. Bidang tertentu tersebut berkaitan erat dengan dunia pekerjaan dan dunia pendidikan.

Dalam dunia pekerjaan (karir), tes psikologi lazim dipakai sebagai tes standar penerimaan karyawan baru, tes penempatan karyawan, serta tes kenaikan jabatan karyawan. Bahkan sistem penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil juga telah menggunakan tes psikologi sebagai salah satu jenis soal yang diujikan. Tes psikologi untuk CPNS ini meliputi tiga jenis psikotes. Yakni tes skala kematangan, tes pengetahuan umum dan tes bakat skolastik (tes potensi akademik).

Dalam bidang pendidikan, tes psikologi lazim dipakai untuk membantu mengetahui bakat serta kelebihan anak. Dengan mengetahui bakat dan kelebihan anak, maka orangtua maupun guru dapat memberikan metode pendidikan paling tepat sekaligus mengarahkannya menekuni bakat terbaiknya. Tes psikologi ini juga sangat membantu seorang siswa untuk memilih jurusan studi perguruan tinggi yang paling diminati dan paling optimal baginya berdasarkan bakat yang dimiliki.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar